Trending

Kalsel Expo 2024 Resmi Bergulir, Paman Birin Ingin Inovasi Sektor Kuliner hingga Pariwisata

SIMBOLIS: Sekretaris Daerah Pemprov Kalsel, Roy Rizali Anwar didampingi Ketua TP PKK Kalsel, Hj Raudatul Jannah dan Ketua Pelaksana Kalsel Expo 2024, Sulkan saat melakukan ritual manapak mayang - Foto Dok Istimewa 

RILISKALIMANTAN.COM, KALSEL– Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor atau Paman Birin melalui Sekretaris Daerah Kalsel, Roy Rizali Anwar didampingi Ketua TP PKK Provinsi Kalsel Hj Raudatul Jannah atau Acil Odah, membuka secara resmi membuka Kalsel Expo 2024 yang bertema “Cinta Babussalam” pada, Rabu (18/9/2024) di Lapangan Dr. Murjani Banjarbaru, Provinsi Kalsel.

Acara ini diawali dengan tarian Mangatam di Tanah Babussalam yang dibawakan oleh Sanggar Al Banjari. Kalsel Expo 2024 sendiri berlangsung selama lima hari dari tanggal 18-22 September 2024.

Pada pembukaan Kalsel Expo 2024 ini ditandai dengan melakukan ritual Manapak Mayang di atas panggung oleh Sekdaprov Kalsel Roy Rizali Anwar, Ketua TP PKK Kalsel Hj Raudatul Jannah, dan Kepala Dinas Perdagangan Sulkan.

Proses menapak Mayang kelapa atau tandan bunga kelapa yang masih muda ditepuk hingga terbuka pelepahnya. Yang kemudian dikeluarkan dan kemudian digoyang-goyangkan agar bulir-bulirnya tersebar.

Selepas prosesi itu, diikuti dengan pemotongan untaian bunga melati di gerbang acara. Acil Odah yang didampingi Sekdaprov Roy Rizali Anwar berkeliling melakukan peninjauan ke stand Kalsel Expo 2024.

Pada proses pembukaan Kalsel Expo 2024, Gubernur Paman Birin dalam dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Roy Rizali Anwar menyatakan bahwa Kalsel Expo 2024 tidak hanya sebagai ajang pameran dan promosi, tetapi juga menjadi bagian dari perayaan Hari Jadi ke-74 Provinsi Kalsel.

“Momen ini menunjukkan bahwa dengan usia yang semakin matang, Kalimantan Selatan terus bergerak maju, berinovasi, dan mengembangkan potensinya,” ujarnya.


Gelaran Kalsel Expo 2024 menampilkan berbagai produk unggulan, mulai dari karya-karya inovatif UKM binaan pemerintah daerah, produk-produk berkualitas dari perusahaan nasional, hingga komoditas berstandar internasional.

Lebih dari itu, Kalsel Expo 2024 menjadi wadah untuk mengeksplorasi dan mempertemukan berbagai potensi ekonomi dari berbagai sektor. Di sini kita dapat menemukan inovasi terkini dari sektor perdagangan, pariwisata, hingga kuliner khas Banua,” tambahnya.

Paman Birin juga berharap agar Kalsel Expo yang rutin digelar setiap tahun dapat mendorong pertumbuhan ekonomi daerah ke tingkat yang lebih tinggi melalui inovasi dan kreativitas yang ditampilkan dalam produk-produk daerah. Menurutnya, hal ini menjadi modal penting dalam meningkatkan daya saing di pasar nasional maupun internasional.

“Saya mengajak seluruh pelaku usaha, investor, dan masyarakat untuk memanfaatkan momentum ini sebaik-baiknya. Mari kita gunakan momen ini sebagai batu loncatan untuk memperkenalkan potensi Kalimantan Selatan kepada dunia,” ungkapnya.

Gubernur Kalsel itu juga menegaskan bahwa Pemprov Kalsel akan terus bekerja keras untuk memastikan pembangunan daerah berjalan lancar, menciptakan iklim investasi yang kondusif, dan mendorong pertumbuhan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat.

“Saya berharap Kalsel Expo 2024 dapat memberikan manfaat besar bagi para pelaku usaha dan masyarakat umum. Semoga melalui event ini, terjalin kerja sama yang saling menguntungkan, terbuka peluang baru, dan tercipta inovasi-inovasi yang membawa Kalimantan Selatan semakin maju,” tutupnya.

Sementara itu, Ketua Penyelenggara Expo 2024 yang juga Kepala Dinas Perdagangan Kalsel, Sulkan, dalam laporannya menyebutkan bahwa selain merayakan Hari Jadi ke-74 Kalimantan Selatan dan HUT ke-79 RI, Kalsel Expo bertujuan untuk menunjukkan hasil pembangunan yang telah dicapai pemerintah.

“Melalui Kalsel Expo, kita juga dapat mempromosikan produk unggulan daerah dan produk UMKM di Kalimantan Selatan,” katanya.

Dalam laporannya, Sulkan menyebutkan bahwa pada Kalsel Expo 2024 terdapat 225 stand yang terdiri dari instansi lingkup Pemprov Kalsel, dinas/badan dari kabupaten/kota se-Kalsel, instansi vertikal, BUMD, rumah sakit, universitas, perusahaan swasta lokal dan nasional, lembaga keuangan dan perbankan, Korem 101/Antasari, serta UMKM.

Kalsel Expo 2024 juga akan dimeriahkan oleh berbagai workshop dan talkshow kewirausahaan, serta lomba menarik seperti Got Talent, lomba puisi Bahasa Banjar, Ranking 1, cosplay contest, lomba mewarnai, lomba memasak SKPD, lomba fotografi dan videografi, serta lomba stan terbaik dalam lima kategori.

Berbagai hiburan akan hadir, termasuk Festival Budaya Banjar, pentas musik etnis Kalsel, penampilan band lokal, serta artis nasional seperti Aria Dinata, Rita D’Academy, dan Ifan Govinda.

Sumber: wasaka.kalselprov.go.id 

Lebih baru Lebih lama