Trending

Korlantas Polri Bersama Jasa Raharja Gelar Bakti Sosial di Kuningan, Bagikan Ribuan Sembako dan Layanan Kesehatan

 

BAKTI SOSIAL: HUT ke-69 Lalu Lintas Bhayangkara, Jasa Raharja dan Polri bantu ribuan warga Kuningan -Foto dok Jasa Raharja


RILISKALIMANTAN.COM, JABAR - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-69 Lalu Lintas Bhayangkara, Jasa Raharja dan Korlantas Polri menggelar kegiatan bakti sosial di Desa Karamatwangi, Kuningan, Jawa Barat, pada Senin (23/09/2024). Acara ini dihadiri oleh Direktur Utama Jasa Raharja, Rivan A. Purwantono, Direktur Operasional Jasa Raharja, Dewi Aryani Suzana, dan Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol. Aan Suhanan.

Dalam sambutannya, Rivan A. Purwantono menegaskan bahwa kegiatan ini bukan hanya sebagai wujud kepedulian sosial, tetapi juga upaya memperkuat kedekatan antara Polri, Jasa Raharja, dan masyarakat. "Bakti sosial ini diharapkan dapat memberikan manfaat nyata bagi masyarakat Desa Karamatwangi, sekaligus mengingatkan kita semua akan pentingnya keselamatan di jalan raya. Jasa Raharja selalu berkomitmen untuk mendukung kegiatan-kegiatan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat luas," ujarnya.

Rivan juga mengatakan bahwa kegiatan ini menunjukkan sinergi yang baik antara Jasa Raharja dan Korlantas Polri dalam upaya meningkatkan kesejahteraan dan keselamatan masyarakat. “Tentunya melalui kegiatan ini, kami juga terus mengimbau kepada masyarakat agar semakin sadar terhadap pentingnya disiplin berlalu lintas untuk mewujudkan budaya berkendara yang berkeselamatan," tambahnya.

Sebanyak 2.050 paket sembako dibagikan kepada warga Desa Karamatwangi dalam kegiatan tersebut. Selain itu, simbolis penyerahan kursi roda dan ambulans kepada Kepala Desa Karamatwangi dilakukan oleh Irjen Pol. Aan Suhanan, yang juga terlibat langsung dalam distribusi sembako dari rumah ke rumah warga.

"Di Desa Karamatwangi, kita menyelenggarakan bantuan sosial kemudian bakti kesehatan, seperti donor darah, pemeriksaan kesehatan umum, dan pemeriksaan kesehatan gigi. Ini masih dalam rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun ke-69," ungkap Kakorlantas Polri.


Kakorlantas Polri, Irjen Pol. Aan Suhanan, mengungkapkan bahwa kegiatan ini mencakup berbagai aksi sosial dan kesehatan, seperti donor darah, pemeriksaan kesehatan umum dan gigi. "Setelah 35 tahun saya berjuang meninggalkan kampung halaman, walaupun setiap tahun saya kembali ke sini, momentum seperti saat ini mengingatkan saya pada masa kecil. Bukan berarti masa kecil saya kurang bahagia, tetapi saya terharu," jelasnya. Aan, yang merupakan putra asli Kuningan, menyampaikan rasa terharu dapat kembali ke kampung halamannya dan berpartisipasi dalam kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat setempat.

Aan juga menegaskan pentingnya menjaga hubungan emosional antara polisi dan masyarakat. "Kami ingin berbagi bersama masyarakat Kecamatan Karamatwangi, tempat di mana saya berjuang sejak kecil. Kami memilih tempat ini selain untuk bernostalgia juga untuk memotivasi warga Karamatwangi agar berjuang, rendah hati, dan berbuat baik," ujarnya.

Acara ini turut diramaikan dengan pesta rakyat yang menyajikan makanan gratis dari pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) setempat, sebagai bentuk dukungan terhadap perekonomian lokal. Dengan tema "Polantas Presisi Hadir untuk Indonesia Maju", kegiatan ini menargetkan berbagai lapisan masyarakat, termasuk pengendara ojek online, panti asuhan, buruh tani, sopir angkot, hingga pemulung dan petugas kebersihan.

Sebelum kegiatan di Kuningan, Polri dan Jasa Raharja juga membagikan 5.000 paket sembako di beberapa lokasi lain, seperti Wisma Sahabat Baru dan Jembatan Lima di Jakarta Barat, Kampung Pemulung di Jakarta Utara, serta Terminal Pasar Parung dan Pasar Dramaga di Bogor.

Selain bakti sosial, acara HUT ke-69 Lalu Lintas Bhayangkara juga mencakup kegiatan religius dan edukatif, seperti dukungan untuk rumah ibadah, distribusi air bersih, lomba mural, penulisan naskah, puisi, dan fun run. Diharapkan, rangkaian kegiatan ini tidak hanya meringankan beban masyarakat, tetapi juga mempererat hubungan antara Polri dan warga, serta menumbuhkan kesadaran akan pentingnya tertib berlalu lintas.

Dalam acara tersebut, turut hadir beberapa tokoh penting, di antaranya Dirkamsel Korlantas Polri Brigjen Pol. Bakharuddin Muhammad Syah, Brigjen Pol. Eddy Djunaedi, Dirlantas Polda Jabar Kombes Pol. Wibowo, Ketua Bhayangkari Cabang BS Korlantas Ny. Dewi Aan Suhanan, Sekda Kabupaten Kuningan A. Taufiq Rahmat, dan Kepala Desa Karamatwangi Sutardi.

Sumber: Jasa Raharja

Lebih baru Lebih lama