Trending

Mantap! Tujuh UMKM Banjar Role Model Hak Kekayaan Intelektual Wirausaha

FOTO BERSAMA: Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP) Banjar, saat mengunjungi salah satu UMKM untuk dijadikan role model Hak Kekayaan Intelektual Wirausaha - Foto Dok Istimewa 

RILISKALIMANTAN.COM, KALSEL– Dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-74 Kabupaten Banjar, Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP) melaksanakan kunjungan dan pembuatan video testimony UMKM Kabupaten Banjar tentang bantuan yang telah diberikan dari pemerintah Kabupaten Banjar, Selasa (3/9/2024).

Sebanyak tujuh UMKM yakni, Rumah Jahit Dizet by DZ, Selera Banua, Bamboology, D'Family, Said Husein, Naa-Cekery, Rumah Atqiya. dijadikan sample testimony UMKM yang telah mendapatkan fasilitasi pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan kapasitas SDM para PUM (Pelaku Usaha Mikro).

Selain pemasaran produk dengan diikutkan pameran lokal dan nasional ataupun bazar UMKM, fasilitasi HKI (Hak Kekayaan Intelektual) untuk melindungi hak cipta dan merek agar mendapatkan perlindungan terhadap penyalahgunaan atau pemalsuan dari pihak lain, turut diberikan oleh Pemkab Banjar.

Kepala DKUMPP Kabupaten Banjar, I Gusti Made Suryawati mengharapkan dengan telah difasilitasinya UMKM Kabupaten Banjar, maka UMKM Kabupaten Banjar dapat semakin Tangguh, Mandiri dan Berdaya Saing.

"Sehingga dapat memajukan perekonomian dan mensejahterakan kehidupan masyarakat di Kabupaten Banjar," ujarnya.


Lebih lanjut sejumlah UMKM tersebut juga mendapatkan fasilitasi kurma manis untuk mendukung permodalan UMKM dan juga fasilitasi perizinan yang berupa NIB, HALAL dan juga PIRT. 

Sementara itu, Kasi Pengembangan Kapasitas Usaha Mikro dan Kewirausahaan Zikri Firdaus menyampaikan, dengan adanya pembuatan video testimony dapat lebih mudah memasarkan produk UMKM ke masyarakat luas.

"Dengan telah diterimanya fasilitasi-fasilitasi yang telah diberikan oleh pemerintah kabupaten banjar para pelaku usaha mikro mengakui bahwa makin meningkatnya omzet yang diterima dan semakin meluasnya pemasaran produk-produk mereka sehingga produk mereka telah dipamerkan di berbagai toko dan sentra oleh-oleh serta telah memiliki reseller-reseller yang menjualkan kembali produk olahannya," tukasnya.

Sumber: infopublik.banjarkab.go.id

Lebih baru Lebih lama