Trending

PT Adaro Indonesia Berikan Dukungan Ke Ponpes Riyadhul Muhibbin Dalam Program Adaro Pesantren Sejahtera

FOTO BERSAMA: Bupati Balangan, H Abdul Hadi beserta jajaran PT Adaro Indonesia saat mengunjungi Ponpes Riyadhul Muhibbin - Foto Dok Mardiana 

RILISKALIMANTAN.COM, KALSEL– PT Adaro Indonesia melakukan Kick Off Program Adaro Pesantren Sejahtera (PAPS) dengan berkolaborasi dan memberikan dukungan kepada Pondok Pesantren (Ponpes) Riyadhul Muhibbin Balangan, Kamis (12/9/2024) Desa Bungin, Kecamatan Paringin Selatan, Kabupaten Balangan.

Turut berhadir Bupati Balangan H Abdul Hadi, External Relation Division Head Balangan Coal Companies Thoha, Ketua Dewan Pengawas Yayasan Adaro Bangun Negeri Mohammad Effendi, Ketua Umum Yayasan Adaro Bangun Negeri (YABN) Okty Damayanti, Pimpinan Ponpes Riyadhul Muhibbin KH Muhammad Saubari dan tamu undangan lainnya beserta para santri dan santriwati Ponpes Riyadhul Muhibbin.

Ketua Dewan Pengawas Yayasan Adaro Bangun Negeri, Mohammad Effendi mengharapkan bahwa program ini akan berkesinambungan dan dapat mengangkat kesejahteraan pesantren.

Menurutnya, dalam pelaksanaan PAPS agar dapat berkesinambungan diperlukan komitmen dari pesantren itu sendiri sebagai mitra.

“Dari 6 ponpes yang mendapat PAPS, tinggal 3 saja yang dapat bertahan. Jadi, kami harapkan ini dapat lebih tahan lagi berlanjut sampai waktu yang tidak ditentukan,” harapnya.


Adapun Pimpinan Ponpes Ta’lim Riyadhul Muhibbin, KH Muhammad Saubari menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Pemerintah Kabupaten Balangan bersama PT Adaro Indonesia yang memberikan dukungan kepada Ponpes asuhannya.

ia juga menyampaikan keinginannya dalam membangun ponpes ini. Selain memberikan ilmu agama kepada santri dan santriwatinya, juga dapat memberikan ilmu dunia untuk mereka dapat bekerja.

“Kata Nabi, berapa banyak pekerjaan di dunia tapi karena kebaikan niat, maka pekerjaan dunia itu menjadi pekerjaan akhirat. Artinya, pekerjaan dunia dengan kebaikan niat, menjadi ibadah,” ujarnya.

KH Muhammad Saubari juga menyambut baik Program Adaro Pesantren Sejahtera ini yang memberikan dukungan kepada pesantren untuk dapat berkembang dan lebih maju lagi.

“Kami menyambut baik program ini. Mudahan dengan program ini, santri dan santriwati kami yang menuntut ilmu di pondok ini disamping mereka ahli ilmu akhirat, mereka juga ahli dalam ilmu dunia,” tutupnya.

Sementara itu, Bupati Balangan, H Abdul Hadi dalam sambutannya mengapresiasi PT Adaro Indonesia yang telah mengambil peran dalam membina pesantren yang ada di Kabupaten Balangan.

Ia juga menanggapi keinginan pengurus pesantren yang ingin memberikan pelatihan untuk dunia kerja dengan menyampaikan programnya dalam Balai Latihan Kerja (BLK) dengan memberikan berbagai pelatihan bagi warga Balangan dari usia 17 tahun.

“Kami dari jajaran Pemerintah Kabupaten Balangan memiliki BLK, jadi kalau sudah 17 tahun akan diberi keahlian. Insya Allah akan kami jadwalkan, supaya para santri dan santriwati yang ada di sini memiliki keterampilan, supaya begitu lepas dari pesantren dapat langsung bekerja atau berwirausaha,” katanya. 

Acara diakhiri dengan penandatangan komitmen bersama dalam Program Adaro Pesantren Sejahtera oleh Bupati Balangan H Abdul Hadi, Ketua Umum YABN Okty Damayanti dan Pimpinan Ponpes Riyadhul Muhibbin Balangan KH Muhammad Saubari.

Penulis: Mardiana  

Lebih baru Lebih lama