Trending

Sebulan Penuh! Aditya-Habib Abdullah Sambut Bulan Kelahiran Rasulullah dengan Seribu Burdah

TAUSYIAH AGAMA: Suasana pembacaan syair Burdah yang diinisiasi oleh pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Banjarbaru, Aditya-Habib Abdullah - Foto Dok Istimewa 

RILISKALIMANTAN.COM, KALSEL– Memasuki Rabiul Awwal atau bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW, pasangan calon wali kota dan calon wakil wali kota Banjarbaru, H M Aditya Mufti Ariffin-H Said Abdullah, menggelar program Seribu Burdah, Pembacaan seribu kali sholawat Burdah.

Koordinator Kegiatan, Rahmad Hidayat mengungkapkan pembacaan Sholawat Burdah diyakini mengandung banyak fadhilah. Terlebih jika dilakukan di bulan kelahiran Rasulullah SAW. 

"Setiap waktu yang ditentukan, kami mengundang grup-grup majelis Shalawat Burdah di Banjarbaru. Selama sebulan penuh, insyaallah tercapai seribu kali bacaan Shalawat Burdah," ujarnya.


Pria yang akrab disapa Dayat itu juga berharap, melalui pembacaan sholawat Burdah ini, mudah-mudahan Allah SWT senantiasa mencurahkan Berkah dan RahmatNya untuk masyarakat Kota Banjarbaru.

"Dan mudah-mudahan, Rasulullah SAW pun memberikan syafaatnya," ungkapnya.

Sementara itu, salah tenaga pengajar Ponpes Darul Ilmi yang juga Dosen dari STAI Al Falah Banjarbaru, Ustaz Muhammad Toriqul Arif dalam tausiyahnya saat pembukaan kegiatan Seribu Burdah menyampaikan, bahwa sholawat Burdah ditulis Imam Muhammad bin Said al-Busyiri atas perintah Rasulullah SAW.

RAMAI: Jamaah perempuan ketika mendengarkan tausyiah agama tentang keutamaan shalawat Burdah - Foto Dok Istimewa 

"Kala itu Beliau (Imam Busyiri) sedang sakit," terangnya, Rabu (4/9/2024).

"Beliau sudah berobat ke berbagai Dokter di Mesir, namun tak kunjung sembuh. Hingga suatu malam, beliau bermimpi bertemu Rasulullah SAW dan diperintahkan menyusun syair dan pujian untuk Rasulullah," sambungnya.

Lebih lanjut Ustaz Toriq menyampaikan, usai menyusun syair sholawat Burdah. Imam Busyiri kembali bermimpi bertemu Rasulullah. Dalam mimpi itu, Nabi Muhammad SAW menyelimutinya dengan burdah (baju panjang tebal/mantel). Dan ketika bangun dari tidurnya, sembuhlah beliau dari sakitnya. 

"Mudah-mudahan dengan kita merutinkan membaca burdah ini, Rasulullah SAW pun akan menyelimuti kita dengan burdahnya. Sehingga mudahlah segala urusan kita, sembuhlah sakit-sakit kita, dan kabullah segala hajat kita dengan izin dan ridha Allah SWT," pungkasnya.

Penulis: H Faidur

Lebih baru Lebih lama