Trending

Sejumlah Aparat Kecamatan Tebing Tinggi Dilatih Gunakan Alat Pemadam Kebakaran

PRAKTEK: Aparat Kecamatan Tebing Tinggi saat mendemonstrasikan penggunaan alat pemadam kebakaran - Foto Dok Mardiana

RILISKALIMANTAN.COM, KALSEL– Aparat di Kecamatan Tebing Tinggi mendapatkan sosialisasi dan pelatihan pemadam kebakaran yang disampaikan oleh jajaran BPBD Balangan.

Sebagaimana diketahui bahwa saat ini Kabupaten Balangan telah memasuki musim kemarau bahkan juga telah menetapkan status siaga karhutla. 

Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Jumaidil Hairi melalui Staf Teknisi Peralatan dan Mesin, Rudiansyah, mengatakan bencana kebakaran lahan maupun pemukiman sering terjadi pada musim kemarau. 

"Untuk mengantisipasi hal tersebut, BPBD Balangan melaksanakan kegiatan sosialisasi dan pelatihan pemadam kebakaran di Kecamatan Tebing Tinggi yang diikuti oleh aparat serta relawan," ujarnya, Selasa (10/9/2024).


Adapun materi sosialisasi meliputi pengenalan peralatan dan perlengkapan pemadam kebakaran, sebab-sebab timbulnya kebakaran, teori dan praktek penanggulangan kebakaran baik dengan kain basah maupun dengan APAR (Alat Pemadam Api Ringan). 

"Kemudian kegiatan diakhiri dengan simulasi penanggulangan kebakaran dengan praktik menggulung selang serta menyemprotkan air menggunakan mobil pemadam," bebernya. 

Ia juga mengungkapkan, tujuan dari sosialisasi dan pelatihan ini selain memberikan pemahaman kepada masyarakat terutana aparat dan relawan tentang penyebab kebakaran, juga melatih agar mampu menanggulangi kebakaran dalam skala kecil maupun besar.

Penulis: Mardiana 

Lebih baru Lebih lama