Trending

Tingkatkan Prestasi Olahraga, Pemkab Balangan Bangun Sejumlah Sarana dan Prasarana Olahraga

BULUTANGKIS: Salah satu sarana dan prasarana yang dibangun oleh Pemkab Balangan - Foto Dok Istimewa 

RILISKALIMANTAN.COM, KALSEL– Hari Olahraga Nasional diperingati untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam olahraga dan kebugaran, serta mencetak atlet berprestasi dunia. Tema yang diusung tahun ini adalah "Ayo Berolahraga: Bersatu Kita Juara".

Dalam upaya memasyarakatkan olahraga, Pemerintah Kabupaten Balangan melalui Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) dan Dinas Kepemudaan, Olahraga, Pariwisata (Disporapar) menganggarkan membangun sarana prasarana olahraga. 

Kepala Bagian Administrasi Pembangunan, Taufiqurrahman mengungkapkan, monitoring Bagian Administrasi Pembangunan mendapatkan informasi bahwa lokasi pembangunan sarana dan prasarana olahraga ini direncanakan berada di tengah permukiman warga dan tersebar di beberapa wilayah. 

"Hal ini bertujuan agar dapat dimanfaatkan secara optimal oleh seluruh lapisan masyarakat," ujarnya, Selasa (10/9/2024).


Lebih lanjut ia menjelaskan, sebaran lokasinya antara lain lapangan volly di Desa Juuh, Desa Balida, dan perumahan Rizky Balangan Residence. Lapangan futsal di Desa Banua Hanyar, Desa Juai dan Desa Pamatang. Rehabilitasi lapangan tenis Desa Batumandi. 

"Juga, perluasan lapangan sepakbola di Desa Tampang dan rehabilitasi prasarana olahraga Tepian di Kelurahan Paringin," sambungnya. 

Adapun paling banyak, pembangunan/rehabilitasi/peningkatan gedung/lapangan Bulutangkis di Desa Batu Merah, Desa Hujan Mas, Desa Sikontan, Desa Bungin, Desa Gunung Batu, Desa Mantimin, Desa Nungka, Desa Baramban, Desa Karuh, Desa Lasung Batu, Desa Lokbatung, Perumahan Cahaya Muhibbin, Desa Baruh Bahinu Luar dan Desa Sumber Rezeki. 

"Olahraga tradisional juga diperhatikan, dengan rencana pembangunan lapangan balogo di Desa Riwa dan Desa Batumandi. Ada juga, pembangunan gedung olahraga serbaguna di Desa Panimbaan, Desa Tanah Habang Kiri, Desa Teluk Karya, Desa Munjung, Desa Lokbatung, dan Perumahan Rizky Residence," bebernya. 

Ia menambahkan, saat ini sedang berjalan lanjutan pembangunan gedung bulu tangkis di komplek perkantoran, serta lapangan tembak di Kecamatan Paringin Selatan. 

Dalam upaya meningkatkan prestasi, Pemkab Balangan juga merencanakan membangun sarana prasarana olahraga yang memang belum dimiliki di Balangan. Badan Perencanaan Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah (Bapperida) telah menyusun masterplan Kawasan Terpadu Sport Center sebagai pusat kegiatan olahraga. Komplek ini direncanakan dilengkapi sejumlah arena seperti stadion bola, gelanggang renang, dan sebagainya 

"Semuanya ini, merupakan respons pemda atas aspirasi yang disampaikan sejumlah elemen masyarakat demi kemajuan prestasi olahraga Kabupaten Balangan kedepan. Selamat Hari Olahraga Nasional 9 September 2024," pungkasnya.

Penulis: Mardiana 

Lebih baru Lebih lama