Trending

Banjar Food Festival di Sekolah Alam Al Tamar Balangan, Tamrin: Berikan Pengetahuan Bagi Murid Tentang Kuliner Khas Banjar

BICARA: Bunda PAUD Kabupaten Balangan, Desy Indriani saat menyampaikan apresiasinya saat pelaksanaan Banjar Food Festival di Sekolah Alam Al Tamar - Foto Dok Istimewa 

RILISKALIMANTAN.COM, KALSEL– Para siswa Sekolah Alam Al Tamar menjalani program pembelajaran dengan menjadi pedagang dalam acara Banjar Food Festival yang digelar di Sekolah Alam Al Tamar Balangan, Kamis (17/10/2024).

Kegiatan ini merupakan bagian dari Project Based Learning oleh Sekolah Alam Al Tamar yang melibatkan para orang tua dengan membuka dan menjual berbagai makanan dan minuman.

Para siswa diberikan kesempatan untuk menentukan apa yang ingin mereka jual dalam kegiatan ini. Kegiatan ini diikuti oleh para siswa dari TK hingga kelas 4 SD.

Uniknya, pada food festival ini menggunakan tutup botol bekas yang digunakan sebagai pembayaran barang jajanan. Para pengunjung terlebih dahulu membeli beberapa tutup botol yang telah ditetapkan nilainya bersadarkan warna untuk pembayaran tersebut.

“Kami menggunakan metode pembelajaran Project Best Learning, jadi di akhir pembelajaran setiap tema, anak-anak akan mengadakan sebuah project,” ujar Nahdia Tamrin selaku Kepala Yayasan Al Tamar.


Sementara itu, Pembina Yayasan Al Tamar, H Tamrin yang juga Sekretaris DPRD Balangan menjelaskan bahwa Sekolah Alam Al Tamar berfokus pada pengembangan para siswa.

“Jadi kami tekankan akhlak dan budi pekerti dalam pembelajaran di Sekolah Alam Al Tamar,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan bahwa pada food festival ini lebih memfokuskan kepada kuliner banjar, agar memberikan pengetahuan kepada murid tentang kuliner khas banjar.

Tamrin mengharapkan melalui kegiatan ini, para anak murid yang nantinya merupakan generasi penerus di masa depan dapat meningkatkan kualitas negeri lebih baik lagi.

Penulis: Mardiana

Lebih baru Lebih lama