Trending

Bapelkes Kalsel Lakukan Skrining Kesehatan Bagi Pegawai hingga Peserta Pelatihan

SKRINING KESEHATAN: Kepala Bapelkes Provinsi Kalsel, Abdul Basit saat melakukan pengukuran tinggi badan salah satu pegawai Bapelkes Kalsel - Foto Dok Istimewa
 

RILISKALIMANTAN.COM, KALSEL– Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) memilik layanan skrining kesehatan yang dinamai Implementasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Si Jamu Aksi Germas).

Hal itu disampaikan oleh Kepala Bapelkes Kalsel, Abdul Basit di sela kegiatan skrining sejumlah pegawai dan peserta pelatihan pada, Jumat (11/10/2024) di Kantor Bapelkes Kalsel.

"Jadi ini salah satu dari tujuh Implementasi Germas, antara lain Skrining Kesehatan, Aktivitas Fisik, Gizi Seimbang – Isi Piringku – Pembudayaan Konsumsi Buah – Sayur, Kawasan Tanpa Rokok (KTR), Lingkungan Sehat, Edukasi Hidup Sehat, dan Kesehatan Tradisional,” ungkapnya.


Abdul Basit mengatakan, skrining kesehatan ini dilakukan di awal pelatihan hingga akhir pelatihan. Peserta akan di skrining kesehatan seperti pengukuran tinggi badan, berat badan, indeks masa tubuh, dan lingkar pinggang untuk menentukan status gizi dan status obesitas central bagi peserta.

“Yang tidak kalah penting diukur tekanan darah peserta untuk melihat ambang batas apakah hipertensi atau tidak,” ujarnya.

Oleh karena itu, implementasi skrining ini dilakukan agar para peserta ketika belajar atau mengikuti pelatihan kondisinya fisiknya sehat dan bugar.

“Kita ingin peserta pelatihan di Bapelkes sehat dan bugar. Bahkan di Bapelkes juga disediakan sarana dan prasarana aktivitas fisik untuk menunjang kesehatan peserta,” pungkasnya.

Sumber: MC Kalsel

Lebih baru Lebih lama