Trending

Debat Perdana, Yamin-Ananda Ingin Hadirkan Banyak Kawasan Pinggir Sungai Terintegrasi UMKM dan Transportasi Sungai

 

DEBAT: Pasangan Calon Walikota Banjarmasin HM Yamin dan Calon Wakil Walikota Banjarmasin Hj Ananda nomor urut 2 saat mengikuti debat perdana yang digelar oleh KPU Kota Banjarmasin, Sabtu (26/10/2024) lalu - Foto Dok Istimewa


RILISKALIMANTAN.COM, KALSEL- Komitmen Pasangan Calon Walikota Banjarmasin HM Yamin dan Calon Wakil Walikota Banjarmasin Hj Ananda nomor urut 2, untuk menumbuh kembangkan sebuah ekosistem di banyak kawasan pinggir sungai yang ada di Kota Banjarmasin disampaikan dalam debat perdana yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin, Sabtu (26/10/2024) lalu.

Dalam kesempatan itu Calon Walikota Banjarmasin HM Yamin menegaskan, jika terpilih dirinya ingin mendorong hadirnya banyak kawasan pinggir sungai di Kota Banjarmasin yang tumbuh ekosistemnya, salah satunya melalui integrasi hadirnya pelaku UMKM dan fasilitas transportasi sungai.

"Kita ingin menghadirkan lagi marwah Kota Banjarmasin sebagai sebagai Kota Seribu Sungai. Salah satunya dengan menghidupkan kembali ekosistem di banyak kawasan pinggir sungai yang potensial, tidak hanya terfokus pada satu tempat saja," ujarnya.


Dengan menghadirkan pelaku UMKM yang ditata dengan menarik dan dilakukan pembinaan berkesinambungan, dirinya optimis kawasan pinggir sungai yang akan dipilih untuk dikembangkan akan menarik didatangi oleh masyarakat untuk berwisata maupun menikmati berbagai kuliner khas lokal.

"Lalu dengan ditambahkan juga fasilitas angkutan sungai sebagai pendukungnya, maka masyarakat semakin mudah untuk mengaksesnya sekaligus dapat menjadi sarana liburan saat mereka ingin berwisata susur sungai," tambahnya.

Jika ini bisa dilakukan maka dirinya optimis sektor pariwisata akan semakin bergeliat di Kota Banjarmasin kedepannya. Tidak hanya itu pemerataan pertumbuhan ekonomi di kawasan pinggir sungai juga semakin meluas tidak hanya di satu kawasan saja.

"Ini juga nantinya akan didukung dengan upaya revitalisasi sungai yang akan kami gencarkan. Supaya dapat mendukung semakin nyamannya wisatawan saat melakukan wisata susur sungai di Kota Banjarmasin," tukasnya.

Penulis: Arief Rahman

Lebih baru Lebih lama