Trending

Nilai Survei Kepuasan Masyarakat BPBD Banjar Meningkat 83,10

 

MEGAH: Kantor BPBD Kabupaten Banjar di Martapura - Foto Dok home.banjarkab.go.id



RILISKALIMANTAN.COM, KALSEL- Laporan hasil tindak lanjut pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar tahun 2024 dilaporkan mengalami kenaikan dari tahun 2023.

Dalam melaksanakan tugas SKM selama satu periode mulai Januari hingga Oktober 2024 disimpulkan pelaksanaan pelayanan publik di BPBD Banjar sangat baik dengan nilai 83,10 yang menunjukkan konsistensi peningkatan kinerja. Sementara pada tahun 2023 nilai SKM 81,32 dengan kriteria baik.

Dari 9 unsur penilaian 3 diantaranya memiliki nilai tertinggi yaitu produk biaya dengan nilai 4,00, pengaduan pelayanan 3,40 dan kemampuan petugas pelayanan 3,28. Sementara 3 unsur lainnya dengan nilai terendah dan menjadi prioritas perbaikan, yaitu persyaratan pelayanan, produk pelayanan dan sarana prasarana.

Plt Kepala BPBD Kabupaten Banjar Agus Siswanto mengatakan, kenaikan SKM tersebut menunjukan bahwa standar kepuasan masyarakat terhadap pelayanan BPBD Banjar mengalami kenaikan signifikan.

“Peningkatan ini semoga bisa mencerminkan upaya yang efektif dalam meningkatkan kualitas layanan dan respon terhadap kebutuhan masyarakat terhadap bencana,” ujarnya, Jumat (25/10/2024) sore. 


Terkait 3 unsur yang memiliki nilai rendah Agus menjelaskan akan mengevaluasinya, salah satunya dengan memberikan sosialisasi, edukasi, publikasi di media sosial mengenai persyaratan pelayanan, produk layanan, serta perbaikan sarpras. Ia yakin dengan cara tersebut masyarakat lebih memahami dan mengakses layanan yang tersedia.

“Terkait sarpras kita sesuaikan dengan postur anggaran, sesuai dengan kemampuan anggaran yang disediakan oleh daerah, tentu kita akan penuhi,” tutupnya.

Sumber: home.banjarkab.go.id

Lebih baru Lebih lama