Trending

Sempat Terkendala, Tim Gabungan BPBD Banjar Lanjutkan Penanganan Karhutla di Desa Penggalaman

 

KERJA: Penanganan Kalhutra oleh BPBD Banjar di Desa Penggalaman - Foto Dok home.banjarkab.go.id


RILISKALIMANTAN.COM, KALSEL- Setelah menemui kendala di lapangan lantaran menjauhnya titik api dan tidak bisa dijangkau serta gelapnya medan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di Desa Penggalaman, Kecamatan Martapura Barat, Rabu (23/10/2024) siang kembali dilakukan penanganan.

2 jam lebih penanganan oleh tim gabungan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar berhasil padamkan api yang membakar vegetasi semak belukar dan pepohonan.

Penanganan lanjutan pada lahan yang terbakar tersebut berhasil dipadamkan oleh tim gabungan dengan jumlah rol selang lebih banyak dari sebelumnya agar bisa menjangkau titik api. Luasan lahan yang terbakar di lokasi tersebut sekitar 2 hektare.

“Status api saat ini sudah padam, kita tangani sekitar 1 hektare, sementara yang terbakar sekitar 2 hektare,” ujar Nasih personel BPBD Banjar.


Sementara di lokasi lainnya tim gabungan BPBD Kabupaten Banjar yang disiagakan di Posko Beruntung Baru juga melakukan penanganan karhutla di Desa Tambak Padi, Kecamatan Gambut.

Tim gabungan tidak menemukan kendala dalam melakukan penanganan karhutla di lokasi tersebut. Meski angin bertiup kencang, petugas berhasil padamkan api kurang dari 1 jam penanganan.

Lahan yang terbakar ditumbuhi vegetasi semak belukar dan pohon galam yang masih kecil. Sementara luasan lahan yang hangus sekitar 0,5 hektare.

Sumber: home.banjarkab.go.id

Lebih baru Lebih lama