Connect with us

KODE ETIK WARTAWAN

PT Rilis Kalimantan Media

www.riliskalimantan.com

1. Dalam melakukan peliputan di lapangan wartawan Riliskalimantan.com wajib:
a). Mengenakan Tanda Pengenal (Kartu Pers) yang masih berlaku dan mengantongi kartu Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang dikeluarkan oleh Dewan Pers.
b). Berpakaian yang rapi (menggunakan Kemeja, menggunakan sepatu), menggunakan baju kaos (dengan kerah).
c). Disiplin dan tepat waktu, baik mengikuti rapat internal redaksi maupun penugasan, terutama janji dengan setiap narasumber.
2. Wajib melakukan cek n ricek (cover both side) terhadap informasi yang diperoleh di lapangan maupun penugasan redaksi.
3. Dalam melaksanakan tugas di lapangan wartawan Riliskalimantan.com wajib memperhatikan Hak Tolak, Hak Koreksi dan Hak Jawab sebagaimana diatur dalam UU Nomor 40 tahun 1999 dan Kode Etik Jurnalistik yang ditetapkan Dewan Pers.
4. Wartawan Riliskalimantan.com TIDAK DIPERKENANKAN mengeksplorasi berita bersifat SARA serta kekerasan seksual dan Anak.
5. Bila terjadi konflik SARA dan bersenjata, misalnya antar desa/warga yang berbeda agama, pelaku maupun korban tidak ditulis identitasnya.
6. Wartawan Riliskalimantan.com wajib bertindak independen dan tidak tendensius.
7. Dalam meliput konflik, wartawan Riliskalimantan.com tidak diperkenankan turut berada di dalam kelompok warga yang bertikai.
8. Untuk menghindari polarisasi dalam berita konflik, wartawan Riliskalimantan.com wajib melakukan konfirmasi dengan aparat berwenang yang terkait (pemerintah dan TNI-Polri) dan memperhatikan perimbangan informasi yang diperoleh di lapangan.
9. Setiap berita yang terpublikasi adalah kewenangan redaksi Riliskalimantan.com
10. Wartawan Riliskalimantan.com DILARANG meminta dan atau menerima imbalan berupa apapun dari narasumber.
11. PT Rilis Kalimantan Media dalam menjalankan operasional perusahaan telah memiliki Peraturan Perusahaan yang disahkan oleh Pemerintah Kota Banjarmasin.

Banjarmasin, 21 Mei 2021

 361 Views

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial